Vaksinasi Mandiri

Menurut dia, Negara harus memastikan program vaksinasi berada dalam kendali satu pintu agar transparan, mudah dievaluasi dan dilakukan pengawasan. Kran vaksin mandiri jangan sampai menimbulkan ‘potong kompas’ pengusaha dengan membeli langsung dari produsen yang membuka potensi konglomerasi dan komersialisasi. Jika sudah masuk skema konglomerasi maka rakyat miskin akan sulit mendapat vaksin. Namun kemudian muncul gagasan untuk mempercepat cakupan vaksinasi dengan membolehkan adanya vaksinasi mandiri oleh perusahaan swasta sehingga semakin cepat tercapai kekebalan imunitas. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menyebutkan, sebanyak 17 juta dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan kepada masyarakat Indonesia, termasuk three,2 juta suntikan untuk warga lanjut usia . Dia menekankan, penanganan pandemi Covid-19 tidak cukup dilakukan hanya oleh pemerintah.

Siti Nadia menyebut vaksinasi mandiri ini harus menggunakan jenis vaksin di luar Sinovac, AstraZeneca, Novavax, dan Pfizer. Maka dari itu, Bio Farma tengah menjajaki kerja sama dengan produsen vaksin luar negeri Sinopharm dan Moderna untuk digunakan dalam vaksinasi gotong royong. Pasal 7 ayat mengatur jenis vaksin corona untuk vaksinasi mandiri harus berbeda dengan jenis vaksin COVID-19 yang digunakan pada vaksinasi program pemerintah. Dalam Pasal 23 ayat tertulis besaran tarif maksimal untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong akan ditetapkan oleh Menkes Budi Gunadi.

Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang. Dia juga menjelaskan, upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi juga tidak mudah. Presiden, kata Rosan, berharap agar vaksinansi dapat segera dilakukan sehingga meningkatkan kepercayaan bagi para pekerja dan rasa aman sehingga diharapkan produktivitas dapat kembali regular. Hal tersebut disampaikan Rosan usai melapor Presiden Jokowi soal perkembangan program Vaksin Gotong Royong, beberapa waktu lalu.

Pada 11 januari 2021 Badan Pengawas Obat dan Makanan akhirnya resmi memberikan izin darurat penggunaan vaksin tersebut. Berdasarkan evaluasi BPOM menunjukkan efikasi vaksin Sinovac mencapai sixty five,3 persen. Jokowi mengatakan vaksinasi COVID-19 adalah salah satu kunci untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rosan P. Roeslani menyebut program Vaksinasi Gotong Royong rencananya akan dimulai pada minggu ketiga Mei 2021. Vaksinasi ditujukan bukan untuk melindungi orang per orang atau golongan tertentu, melainkan untuk membangun kekebalan komunitas. Polemik soal uji vaksin Merah Putih dan vaksin Nusantara memunculkan kelompok pendukung di antara kedua vaksin buatan Indonesia tersebut.

Vaksinasi Mandiri

Di Indonesia, vaksinasi masih menunggu pengujian BPOM yang diperkirakan baru akan selesai di pekan ke-2 atau ke-three Januari. Bila lulus ujian, 1,2 juta dosis vaksin Sinovac Biotech, ditambah 1,eight juta dosis hasil kiriman Januari nanti, akan segera didistribusikan ke berbagai daerah untuk vaksinasi. Prioritasnya ialah tenaga medis yang selalu berhadapan dengan risiko tinggi penularan dan elemen pendukungnya dari TNI-Polri, teknisi lab, petugas fasilitas pelayanan kesehatan lain, serta aparatur penegak hukum. Selain itu, kami kan sudah bicara dengan produsen-produsen vaksin itu. Mereka kebanyakan juga perusahaan swasta, dan sebagian punya alokasi untuk bussiness to bussiness .

Selain itu, kata dia, vaksin mandiri juga mengutamakan perusahaan-perusahaan yang berada di zona merah. Namun menurut Menkes Budi Gunadi, vaksin mandiri merupakan cara mempercepat herd immunity. Akan berbeda dengan merek vaksin Covid-19 free of charge yang diberikan pemerintah. Pemerintah resmi mengizinkan vaksinasi Covid-19 lewat jalur mandiri yang dikelola oleh pihak swasta.

Dengan melakukan pendaftaran artinya pasien akan teregistrasi dalam program Vaksinasi Mandiri Covid-19. Tidak termasuk dalam daftar orang yang belum layak divaksin Covid-19 . Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda.

Program ini bukanlah program vaksinasi pemerintah sehingga vaksin yang digunakan harus berbeda dengan vaksin milik pemerintah. Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke e mail

Mereka memperoleh prioritas akses ke vaksin karena pekerjaannya memberikan risiko pada paparan Covid-19. Selebihnya, yang forty three juta, punya pilihan dengan vaksinasi mandiri, berbayar. Semuanya akan melibatkan fasilitas kesehatan BUMN maupun swasta. ‘’Yang swasta itu jumlahnya justru lebih banyak dibanding milik pemerintah,’’ kata Erick Thohir dalam wawancara yang diunggah dalam Youtube, pada Sabtu (12/12/2020).

Jam