Strategi Dan Kiat Sukses Menjadi Wirausaha Muda

Namun, Anda memiliki kesempatan untuk belajar dari kesalahan itu dan menjadi pebisnis yang lebih baik. Coba untuk membuat sebuah inovasi yang berbeda dengan pengusaha lain namun tetap menguntungkan. Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, sudah saatnya Anda membangun sebuah media untuk memasarkan produk yang Anda tawarkan. Media ini juga dianggap lebih efisien dalam hal biaya maupun waktu yang diperlukan untuk promosi produk.

Namun untuk bisa mencapai tujuan tersebut, Anda perlu memiliki produk yang menarik dan dibutuhkan oleh buyer. Namanya masih muda dan masih baru memulai bisnis, ya wajar kalau Anda berada dalam tahap belajar. Orang yang sedang belajar tentu perlu trial and error, kadang gagal dan kadang berhasil. Kegagalan bukan berarti kesalahan atau harga mati yang menentukan Anda tidak bisa berbisnis. Kegagalan hanyalah proses bahwa masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki, dipelajari, dirancang dengan sistem yang lebih baik, dan sebagainya.

Di perusahaan tersebut ia juga menjabat sebagai Managing Editor. Setelah keluar dari Zalora, ia kemudian menjabat sebagai Chief Innovation Officer Kartuku, sebelum akhirnya fokus mengembangkan Go-Jek yang telah ia rintis sejak tahun 2011. Perlu kamu ketahui, kebanyakan orang saat ini lebih melirik dunia usaha ketimbang menjadi karyawan suatu perusahaan. Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih memulai usaha mereka sendiri. Pertama, mereka yang melanjutkan bisnis keluarga dan dimodali orang tua. Biasanya mereka adalah si pengeluh, penggosip, tukang kritik ataupun si cuek.

Cara menjadi pengusaha muda

Jika membayangkan kesuksesan, banyak orang yang ingin menjadi Steve Jobs, Bill Gates, atau Elon Musk berikutnya. Walaupun demikian, orang-orang ini dikenal justru dengan menjadi versi terbaik diri mereka sendiri, bukan berusaha menjadi orang lain. Setiap orang dilahirkan unik, dengan keahlian tersendiri serta jalan hidup yang berbeda. Seperti kata penulis Amerika Serikat, John C. Maxwell, satu-satunya perbandingan yang boleh dilakukan adalah dengan diri sendiri. Misi kita adalah menjadi lebih baik dari diri kita kemarin, yaitu melalui fokus akan apa yang dapat kita lakukan hari ini untuk bertumbuh dan berkembang. Cobalah untuk tidak peduli akan barang mewah temanmu atau perjalanan mahal yang sering mereka pamerkan di media sosial.

Semoga kisah inspiratif dari Angga ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya agar terus semangat dalam memulai atau membangun usahanya, saat masih kuliah,” jelas Fuad. Belajar dari pengusaha yang telah sukses adalah salah satu cara yang baik untuk kita contoh, lho. Memiliki seorang mentor adalah berkah yang luar biasa bagi seorang wirausahawan, tetapi tidak semua orang dapat menemukan mentor pribadi untuk dirinya. Berhubungan dengan para investor atau partner usaha dan orang orang lain yang memiliki visi yang sama sepertimu dan bisnismu akan menjadi keseharianmu saat membangun usaha atau bisnis. Kita juga punya banyak teman dan pergaulan yang luas, baik di dunia nyata maupun teman on-line. Jaringan pertemanan ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa yang kita jual.

Hal ini dikarenakan pengusaha muda lebih suka bekerja sesuai dengan minat dan kesukaannya. Sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis, Anda pasti memiliki sebuah ardour yang menarik. Anda bisa mengubah passion ini menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Usai kegagalan itu, CT kembali membangun bisnis bersama beberapa temannya. Meski masih berpayung di perusahaan besar dan meminjam modal dari financial institution, bisnis CT kali ini terbilang sukses. Menjadi pebisnis di usia muda memang tak ada salahnya bahkan banyak sekarang anak muda yang kini terinspirasi dan ingin mengembangkan bakat dengan memutuskan untuk berbisnis.

Jam