Siswa Senang Bisa Sekolah Lagi, Pembelajaran Tatap Muka Dimulai

Menurutnya, pembelajaran jarak jauh tidak efektif untuk para siswa. Selama pandemi corona, semua siswa sekolah diharuskan untuk menjalani pembelajaran jarak jauh . Kurang lebih satu semester harus mereka tempuh dengan belajar secara online. Izin pembelajaran tatap muka dapat diberikan secara serentak dalam satu wilayah kabupaten/kota atau bertahap di setiap wilayah kecamatan dan/atau desa/kelurahan.

Anak rindu sekolah tatap muka

Hasil survei Surabaya Survey Center yang melibatkan 1.070 anak muda di 38 kabupaten/kota se-Jatim menyebutkan, seventy seven,4% responden berharap agar mereka bisa kembali belajar tatap muka. 19,3% masih merasa nyaman dengan pembelajaran jarak jauh , Sedangkan 12,7% memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Pelaksanaannya akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah siswa yang hadir secara langsung di sekolah juga dibatasi, yakni 50 persen siswa dari jumlah siswa setiap kelas. Guru pun menjadi pihak yang rentan terinfeksi COVID-19 ketika kegiatan belajar tatap muka dijalankan.

“Selain itu, kami juga berpesan agar para wisudawan selalu menjaga nama baik orangtua dan nama baik sekolah dengan cara menjadi siswa yang berkahlakul karimah di jenjang berikutnya,” ujarnya. “Kami sangat bangga dengan prestasi dan karya siswa angkatan 34 ini. Mereka mengikuti pembelajaran online dengan baik, menghasilkan karya-karya kreatif dan telah meraih banyak prestasi,” kata Rike.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta membatasi kehadiran siswa atau diikuti oleh 50 persen siswa dari jumlah siswa setiap kelas. Dalam uji coba belajar tatap muka, di SMPN 9 menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para siswa yang mengikuti belajar tatap muka harus memperlihatkan surat izin dari orang tua agar bisa diizinkan mengikuti ulangan semester. Dalam surat tersebut disebutkan pembelajaran tatap muka dibolehkan di semua zona meski pandemi Covid-19 belum usai. Peta warna risiko Covid-19 tidak lagi menjadi acuan pembukaan sekolah. Namun, kata Nadiem, pemerintah daerah memiliki kewenangan mutlak dalam mengeluarkan izin belajar di sekolah sesuai dengan kondisi wilayahnya.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengaku, hari ini adalah hari yang sangat berbahagia, hari pertama dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas dan bertahap. Pararel dengan penyiapan PTM, Pihaknya mendorong Dinas Pendidikan Jatim untuk menggerakkan sekolah agar masif menggelar pendidikan parenting secara daring bagi orang tua siswa. Meski demikian, Retno menambahkan pihaknya mengapresiasi pemerintah daerah yang memutuskan memperpanjang pembelajaran jarak Daftar Togel Online jauh , lantaran alasan kesehatan dan keselamatan siswa dan pendidik di tengah pandemi jadi prioritas. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri, menyampaikan, pembelajaran tatap muka terbatas ini menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo dan Plt Gubernur Sulsel. Makassar – Pembelajaran tatap muka dan terbatas tingkat SMA/SMK/SLB di Sulawesi Selatan, akhirnya dilaksanakan. Sementara ini, pembelajaran tatap muka hanya untuk di tiga sekolah di Kota Makassar.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan akan meningkatkan peran pusat kesehatan masyarakat untuk mendukung kegiatan belajar di sekolah. Pemerintah daerah diminta memberikan keputusan yang tepat mengizinkan kembali pembelajaran tatap muka. Nadiem Makarim mengungkapkan Kabupaten Rode Ndao bisa selenggarakan sekolah tatap muka dengan syarat tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, memakai masker dan rajin cuci tangan.

Ingat ya teman-teman Ikuti protokol kesehatan yang dihimbau oleh Pemerintah Indonesia yaitu tetap di rumah, jaga jarak, gunakan masker jika keluar dari rumah agar kita semua terbebas dari Covid-19. Oh ya teman – teman jangan lupa sertakan doa “Indonesia terbebas dari covid-19” dalam setiap do’a kalian setelah sholat lima waktu. Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyarankan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai menyelenggarakan sekolah tatap muka. Orangtua siswa dituntut harus bisa mengontrol dan membimbing anaknya dalam proses belajar sistem Daring selama pandemi. Selanjutnya, akan dicari tempat yang memang daerahnya sulit melaksanakan pembelajaran secara daring.

Selama pandemi, banyak perubahan yang terjadi, termasuk dalam bidang pendidikan. Pembelajaran Jarak Jauh menjadi solusi terbaik, agar pendidikan tetap berlangsung meski sedang pandemi. Selain pengecekan suhu, murid juga diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Bagi pelajar yang tinggal di wilayah terpencil dan jauh dari sekolah, Andi meminta Dinas Pendidikan untuk mempersiapkan modul dan video offline untuk mempermudah pembelajaran. Hal ini dianggap penting agar anak-anak dapat menjangkau pendidikan. Home schooling juga diminta untuk diberlakukan, mengingat ada kuota 20 persen.

Mari sama-sama kita berdoa semoga harapan siswa-siswa kita terkabul untuk segera bisa mendapatkan pembelajaran tatap muka disekolah. Metode pembelajaran jarak jauh memberikan tantangan tersendiri, termasuk memahami pelajaran sekolah, kendala teknis, serta kondisi psychological orangtua dan anak. Wartono memastikan protokol kesehatan di sekolah tersebut sudah disipakan dengan baik.

Tugas membuat essai dan puisi terkait virus Corona pun dibuat oleh para siswa siswa SDN 016 Bontang Selatan dengan penuh keseriusan hingga menghasilkan kata-kata yang menggugah hati. Metode mengajar per Dusun itu, kata Guru tersebut, diterapkan karena dianggap lebih mudah dan lebih efektif. O-Negative adalah drama re-make dari movie dengan judul yang sama, berkisah tentang persahabatan yang terjalin di dunia perkuliahan, tepatnya sejak masa orientasi berlangsung. Lima orang sahabat dengan karakter dan kesukaan berbeda-beda ini menjadi erat karena memilki golongan darah yang sama. Mereka akhirnya memutuskan untuk menamai kelompok mereka dengan sebutan grup O. Dengan kekuatan itulah ia dan para siswa Gifted lainnya bisa menyingkap misteri yang ada di sekolah.

Jam