Ptm Di Tangsel Akan Ditangguhkan Jika Kasus Covid Naik

Namun yang jadi masalah, para siswa bisa saja terpapar virus saat akan berangkat sekolah. Melalui proses jurnalistik, mediaetam.com merajut kata dan fakta, menyuguhkan berita dengan proses jurnalistik dengan cara profesional, tanpa hoaks. Berkaitan dengan mutasi virus tersebut Badan Kesehatan Dunia WHO mengklasifikasi varian of concern mengalami perubahan karakteristik dari yang semula berupa angka dan huruf yakni B117, B1357, B11281, atau P1. Indonesia sendiri sudah terdeteksi dua mutasi Covid-19 yakni B117 asal Inggris dan B 1357 asal Afrika Selatan.

Upaya menerapkan bodily distancing lewat pengaturan jarak antartempat duduk peserta didik dan larangan berkerumun, menurut dia, harus benar-benar dijalankan pihak sekolah. Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah menjamin kelompok masyarakat tidak mampu bisa mengikuti proses belajar mengajar di masa pandemi. Bila kendala belajar di masa pandemi tidak bisa diatasi, dikhawatirkan akan mendorong angka putus sekolah di tahun ajaran ini. Meskipun demikian, dia menegaskan orang tua siswa memiliki hak untuk tidak mengizinkan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Disdik DKI telah mempersiapkan kanal Siap Belajar untuk asesmen mandiri seluruh satuan pendidikan di ibu kota.

ILUSTRASI — Siswa belajar di kelas dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian, peningkatan mobilitas penduduk karena pembukaan pembelajaran tatap muka pada saat pandemi belum terkendali, dengan alat ukur yang tidak standar memiliki risiko yang sangat tinggi. Meskipun suatu sekolah, misalnya sudah sangat ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam proses pembelajaran, pihak sekolah tidak dapat mengontrol risiko mobilitas guru dan murid saat berangkat dan pulang dari sekolah. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, angka stunting di Indonesia adalah 30,8%, yang berarti 1 dari three anak balita di Indonesia menderita stunting. Pemerintah Indonesia menargetkan angka stunting turun menjadi 14% pada tahun 2024. Target ini akan semakin sulit dicapai mengingat sumber daya kesehatan saat ini sedang difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Siap Belajar merupakan asesmen yang mengukur dua aspek penting dalam PTM, yaitu kesiapan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan dan kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran campuran, baik di rumah maupun tatap muka terbatas. Uji coba ini dilakukan untuk memastikan bahwa kesehatan dan keamanan peserta didik adalah prioritas utama dalam perancangan kebijakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang. Uji coba dilakukan secara terbatas dengan sistem pembelajaran campuran .

Dikhawatirkan angka covid akan naik jika sekolah tatap muka

Mengenai sebaran angka jika PSBB sudah mulai diterapkan, dirinya mengatakan jika saat ini angka sebaran Covid-19 di Sidoarjo setiap harinya naik 10 persen, maka dengan PSBB diharapkan bisa menekan hingga ke angka lima persen. “Vaksin guru sifatnya kita menunggu dari pusat, vaksin ini kan program dari pusat. Kita tidak bisa menentukan sendiri kapan waktunya, ini program nasional, menyeluruh.

Sebagian dari mereka bahkan merasa keberatan untuk membayar uang sekolah. Adapun dalam minggu ini di Solo, Jawa Tengah juga sudah melakukan simulasi penerapan pembelajaran tatap muka pada 24 SMP negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri dan SMP swasta yang sudah dinyatakan siap menjalankan PTM. Hasil dari penerapan simulasi ini akan dijadikan evaluasi bersama oleh Pemkot, Satgas Covid-19, Dinas Pendidikan, dan Guru.

“Jadi kita mencoba mencari alternatif bagaimana bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka, tetapi dampaknya bisa kita kurangi sehingga aman. Makanya kita atur, siapkan pengaturan dari sisi prokes, sisi penjadwalan dan memitigasi risikonya,”jelas Jamjam. Menteri Nadiem menjelaskan, tatap muka terbatas itu kriterianya adalah satu kelas di SMA, Agen Bola Online SMP dan SD itu diisi maksimal 18 peserta didik. Sedangkan di sekolah luar biasa dan PAUD itu maksimal diisi lima peserta didik per kelas. Menurut pria yang akrab disapa Mas Menteri itu, saat sudah selesai divaksinasi maka satuan pendidikan wajib memenuhi daftar periksa sebelum memulai layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Di masa pandemi, tidak sedikit orang tua peserta didik yang terdampak pandemi, sehingga jangankan untuk membeli smartphone untuk keperluan anaknya melaksanakan PJJ, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pun masih mengalami kesulitan. Hal ini tentunya membuat peserta didik pada akhirnya terhambat untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Di sisi lain, keputusan untuk mulai sekolah tatap muka juga mempertimbangkan banyaknya orangtua yang menilai tidak optimum nya kegiatan pembelajaran jarak jauh . Tidak adanya kegiatan interaksi sosial baik dengan guru ataupun dengan teman-temannya terutama bagi peserta didik baru. Menyikapi panduan belajar untuk sekolah di zona hijau, Rerie berharap, kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan di lingkungan sekolah wajib ditegakkan.

Kami berharap, pihak sekolah untuk lebih fokus dulu mengembangkan pembelajaran jarak jauh melalui daring ataupun luring. “Mari kita peduli dan menjaga kesehatan diri dengan protokol kesehatan. Apabila Perda ini terlaksana dengan baik, saya yakin perilaku warga akan berubah 180 derajat,” ungkap Hendri Septa. Menurut Akbar dan Ishak, persebaran covid-19 saat ini terpusat di wilayah perkotaan, sehingga menyebabkan potensi peningkatan kemiskinan lebih besar terjadi di perkotaan. Untuk skenario berat, potensi pertambahan jumlah penduduk miskin di perkotaan mencapai tiga juta, sementara di pedesaan 2,6 juta orang.

Motivasi belajar dalam masa pandemi COVID-19 harus di bangkitkan secara bertahap dan berkelanjutan . Dalam konteks motivasi belajar guru wajib membangkitkan motivasi siswa dengan rutin, komprehensif dan berkelanjutan , dengan melihat kondisi siswa yang sebenarnya. Kemampuan dan kekurangan siswa perlu menjadi pertimbangan guru-guru dalam membantu proses pembelajaran siswa sehingga siswa bisa berkembang dengan baik. Selama masa Belajar Dari Rumah hal yang melemah dari peran guru adalah mendidik. Satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan kegiatan “Guru Kunjung” sebagai bentuk upaya layanan psikososial selama proses Belajar Dari Rumah . Dimana guru menjadi wadah bertanya dan sebagainya, program visiting guru dapat dijalankan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Jam