Ketika Kuliah Ditanya Dosen Pengen Jadi Pengusaha, Tapi Setelah Lulus Kok Nggak Jadi?

Untuk menjadi pengusaha sukses, kamu diharuskan untuk bekerja keras dan tidak mudah menyerah. Jika tidak berani bertindak, berarti kamu tidak memiliki komitmen untuk bisnismu sendiri. Sebagai seorang pengusaha, tentunya kamu akan mempekerjakan orang lain. Artinya, kamu harus memiliki jiwa kepemimpinan yang besar sebagai modal awal untuk membangun sebuah bisnis. Masih banyak mahasiswa atau pemula yang bingung ketika ingin memulai bisnis. Tidak hanya memiliki niat saja, tetapi kamu juga harus belajar bisnis untuk memperdalam wawasanmu mengenai dunia tersebut.

Proses ini diberi nama atas penemunya Louis Pasteur seorang ilmuwan Perancis. Beliau menjadi seorang pengusaha dengan memberdayakan peternak sapi perah di Cangkringan . Nah saya terinspirasi untuk itu, selain itu revenue usaha susu bisa hampir one hundred%,” kata Khoerul. Ia mengatakan, untuk menjadi pengusaha muda berpikir dengan logis, rasional dan realitis, yakni berani mengambil keputusan namun dengan perhitungan.

Keuangan yang sehat akan berpengaruh langsung dengan kualitas hidup. Kita bisa ambil contoh orang yang gemar mengajukan pinjaman di beberapa fintech dan orang yang gemar menabung. Sementara dari sisi tradition, tentu ada semacam tremor dengan kebiasaan di Indonesia. Misalnya, jika kamu berkuliah di Finlandia, maka harus terbiasa dengan suhu dingin. Begitu pun jika menimba ilmu di Timur Tengah, maka kamu harus bersiap menjalani hari dengan suhu yang relatif tinggi.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Menurut Sandi, Riau salah satu penghasil kelapa terbesar di dunia. Setidaknya ada 1.500 lebih turunan dari kelapa yang dapat diolah menjadi produk unggulan. Keseharian Aldan selain sebagai seorang mahasiswa di UNU Purwokerto yaitu berternak Sapi walaupun hanya beberapa ekor.

“Mahasiswa fakultas pertanian dan peternakan, selain bertani dan beternak, kita dorong menjadi pengusaha,” tutup Bang Zul. Jangan sampai, lanjut Bang Zul, mahasiswa pertanian tidak mau jadi petani, mahasiswa peternakan tidak mau jadi peternak. Ia berharap, selain menjadi petani dan peternak, mahasiswa-mahasiswa kita bisa jadi pengusaha.

Apalagi sekarang ini seleksi memasuki perguruan tinggi sangat diseleksi oleh pihak perguruan tinggi, sehingga semakin banyak mahasiswa yang apatis terhadap kondisi saat ini. Dengan adanya kondisi seperti itu, sebagai mahasiswa manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan memahami konsep hidup yang benar sehingga mahasiswa akan mengetahui bagaimana masa depannya nanti agar tidak bergantung terhadap orang lain. Sandi mengajak mahasiswa mampu memanfaatkan potensi yang ada disekitarnya untuk membuka usaha serta mengubah pola pikir tidak bercita-cita menjadi seorang karyawan. TEMPO.CO, Jakarta – Bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menjadi pembicara pada kuliah umum Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau, Selasa, 9 September 2018. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini membeberkan kunci sukses menjadi seorang pengusaha berdasarkan pengalamannya.

Wakil Rektor Universitas Indonesia Bambang Wibawarta mengakui, sistem pendidikan di Indonesia kurang sukses menanamkan kesadaran berwirausaha. Dampaknya, jumlah masyarakat berminat menjadi pengusaha sampai sekarang masih minim. Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya adalah mendaftarkan segera bisnis kamu.

Jam