Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia

Hal ini sangat penting diperhatikan agar proses pembelajaran berjalan optimal dan tidak menimbulkan masalah. Jangan sampai setelah sekolah dibuka, justru menjadi kluster baru penyebaran covid-19. Pelaksanaan vaksinasi massal kali ini disambut antusias oleh para tenaga pendidik. Seperti yang diungkapkan oleh Abdul Latif, perwakilan guru dari SMAN 6 yang menerima vaksin. Surabaya (beritajatim.com) – Pertemuan tatap muka untuk kegiatan belajar mengajar akan segera dilakukan tahun ajaran baru pada Juli 2021.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kemendikbud, Yaswardi menyebut sejak 24 Februari 2021 vaksinasi untuk guru sudah dimulai yang dilakukan secara bertahap. “Guru dan tenaga kependidikan baik ASN maupun non ASN di Kota Semarang sudah divaksin. Guru swasta juga tetap mendapat prioritas vaksinasi, namun memang bergantian,” Jelasnya. Ia pun bakal mendorong agar terget pembelajaran dengan sistem tatap muka dapat dilaksanakan.

Vaksin bagi guru

Kemenkes berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menghadirkan layanan vaksinasi yang paling memudahkan bagi seluruh PTK. Melansir dari Instagram Kemendikbud, sebelum menerima vaksin para tenaga kependidikan harus tahu jika PTK yang berhak mendapat vaksin hanyalah yang terdata di Kemendikbud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan prioritas vaksinasi covid-19 untuk tenaga kependidikan dimulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini atau RA dan sederajat, Sekolah Luar Biasa , lalu Sekolah Dasar hingga MI. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan telah bergerak cepat mendukung fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan di dua daerah tersebut untuk menekan lonjakan kasus. Situs KalderaNews.com adalah kumpulan orang-orang yang peduli dan paham dunia pendidikan dan teknologi untuk kemajuan Indonesia. Portal yang digawangi anak-anak muda yang pernah mengenyam pendidikan di dalam dan luar negeri ini diabdikan untuk memajukan dunia pendidikan dan teknologi di Indonesia.

Selain itu, kebijakan membuka kembali sekolah tak lepas dari keinginan yang kuat dari orang tua murid. Feny menyatakan, vaksinasi tahap dua Deposit Pulsa Tanpa Potongan ini tak hanya menyasar bagi kalangan guru dan lansia. Vaksinasi dilakukan secara bertahap sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima.

Nadia berharap dengan adanya vaksinasi tersebut memberikan asa baru bagi siswa untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Target vaksin untuk guru hingga Juni, “Targetnya di bulan Juni 5 juta guru dan tenaga kependidikan semuanya Insya Allah sudah bisa kita selesaikan,” kata Presiden. Dia menjelaskan, goal vaksinasi ini dilakukan agar pemerintah bisa memastikan di bulan Juli hampir semua sekolah akan sudah bisa melakukan tatap muka secara terbatas.

Bariun minta Dinas Kesehatan untuk ikut mengedukasi guru-guru yang akan divaksin. Tidak hanya itu, lanjut dia, para guru juga perlu didukung yakni dengan dibantu hardware dan juga pelatihan pasca setahun menggelar sistem pembelajaran digital. JAKARTA, Kalderanews.com – Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 telah terbit. Disinggung terkait belum adanya lampu hijau dari Pemprov Kaltim untuk melaksanakan PTM, AH enggan berbicara panjang. Namun, tidak menutup kemungkinan Pemkot Samarinda akan berkomunikasi dengan Pemprov Kaltim.

Vaksin dinanti guru dan tenaga kependidikan untuk segera hadir ke berbagai daerah di Indonesia, khususnya Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Presiden RI Jokowi merupakan orang pertama yang divaksin dan selanjutnya prioritas pertama adalah tenaga kesehatan . Syarat normalnya aktivitas pendidikan ini dimulai setelah para pendidik dan tenaga kependidikan selesai divaksin.

Selain itu, termasuk pula pekerja transportasi publik, petugas pemadam kebakaran, perangkat desa, dan perangkat BUMD. “Jadi, untuk pemberi layanan publik, siapa pun juga itu lewat unit atau instansi yang terkait. Jadi tidak ada pendaftaran melalui sistem aplikasi ,” kata dia, kemarin. ”Dalam pelaksanaan penyuntikan vaksin ini, ada beberapa pejabat yang seharusnya mendapat suntikan, tapi tidak memenuhi syarat untuk divaksin. Untuk efisiensi, penyuntikan vaksin akhirnya dilakukan pada staf pegawai lain yang memenuhi syarat,” katanya. Dengan keterbatasan jatah vaksin tersebut, maka yang mendapat suntikan vaksin baru dari jajaran pimpinan UMP.

“Walaupun secara persentase sudah tinggi mendekati 35 persen, kalau kami lihat itu distribusinya penting,” ungkap Sonny. Selama pandemi menyerang Indonesia, membuat semua aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah menjadi di dalam rumah, tak terkecuali sekolah. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah Kemendikbud Sutanto mengatakan pihaknya tidak bisa mengatur secara langsung apakah guru yang belum divaksin tetap dapat mengajar atau tidak. Sehingga pada tahun ajaran baru di bulan Juli dapat dibuka new normal sekolah dengan tatap muka seluruh Kabupaten Nganjuk,” terang Novi. Mas Novi juga menginstruksikan untuk juga melakukan vaksinasi bagi guru di berbagai tingkatan lainnya. Dan Mas Novi juga menargetkan agar pelaksanaannya rampung pada bulan April 2021.

Jam