Catat Bun, Daftar Lokasi Vaksinasi Corona Untuk Lansia Dan Guru

Berdasarkan information Kemenkes, dari 1,5 juta orang yang terpapar Covid-19, sebanyak 10 persen di antaranya merupakan lansia. Namun, jika dilihat dari tingkat kematiannya, kelompok lansia memiliki risiko sebesar 50 persen. Sedangkan untuk tingkat kematian di kelompok non-lansia ‘hanya’ sekitar 10 persen. “Saya mengajak masyarakat luas terutama pendidik dan tenaga kependidikan mari kita dukung program Pemerintah ini. Saya tadi diobservasi setengah jam supaya kalau ada reaksi bisa langsung ditangani, namun sampai sekarang ini saya aman-aman saja,” tandas Kenoki.

Vaksin bagi guru di Jakarta

Melalui Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Menteri Dalam Negeri , Menteri Kesehatan , dan Menteri Agama , sekolah didorong untuk segera melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan. SuaraJakarta.id – Ketua Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru DKI Jakarta Fandi Fuji Hariansah melaporkan banyak guru di Ibu Kota yang mengeluh lambannya proses vaksinasi Covid-19 bagi guru dan tenaga pendidik. “Vaksinasinya bahwa memang jumlahnya sekarang meningkat terus, tapi tidak bisa berlari. Tapi kami pastikan, upayakan vaksinasi guru terus berjalan, di tengah perebutan vaksin di berbagai negara. Kita akan priority setting kembali, termasuk untuk memprioritaskan tenaga pendidik dan guru,” ujarnya. Guru menjadi salah satu prioritas vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blora yang kini terus dikebut prosesnya.

Jika terdapat sisa jatah vaksin dari para lansia, maka selanjutnya akan diberikan kepada para guru. “Nanti setelah Provinsi DKI Jakarta, semua provinsi juga melakukan hal yang sama. Tenaga pendidik kependidikan, guru ini kita berikan prioritas agar nanti di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan,” ujar Presiden.

Menurut Fandi, informasi dan sosialisasi baik dari pemerintah provinsi maupun kementerian kesehatan masih kurang, sehingga guru masih banyak yang bingung. Dinas pendidikan Kota Palu menegaskan, vaksinasi Covid-19 guru menjadi syarat mutlak sebelum aktivitas pembelajaran tatap muka Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan di sekolah dibuka kembali. Penyediaan lokasi vaksinasi di pusat perbelanjaan yang dikelola oleh LMI dan dukungan tenaga medis yang berasal dari Siloam Hospitals Group merupakan bentuk kepedulian LPKR untuk menyukseskan program vaksinasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Hal senada dituturkan Sekretaris Forum Guru Independen Indonesia , DPC Jakarta Barat, Esther Layas Sinuraya. “Kita harus punya “tameng” supaya tidak menularkan Covid-19 ke murid-murid,” imbuh Esther sesaat setelah menerima sertifikat vaksinasi Covid-19. Namun para pemangku kepentinganlah yang paling berperan untuk menyosialisasi ini agar masyarakat lebih memahami kebijakan vaksinasi,” tambah Danang. Untuk itulah Kementerian Kesehatan memberikan kesempatan kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan vaksinasi Covid-19 tahap 3, dengan goal vaksinasi adalah masyarakat umum.

Setelah digelar pertama kali di Jakarta, Jokowi berharap pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kependidikan juga segera dilanjutkan di provinsi lain. Menkes menyampaikan, kelompok lanjut usia ini merupakan kelompok paling rentan untuk terpapar Covid-19 dan meninggal dunia. Karena itu, pemberian vaksinasi pada bulan April ini akan diprioritaskan terlebih dahulu untuk lansia.

Pemerintah sudah menargetkan sebanyak 5 juta guru akan menerima vaksinasi COVID-19 hingga akhir Juni 2021. Dan, saya tadi menyaksikan semuanya berjalan lancar,” ujar Presiden RI Joko Widodo usai meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut. Salah satu peserta vaksinasi, Annisa , mengaku sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk divaksin COVID-19.

“Kami akan melaksanakan vaksinasi untuk guru sampai 12 April 2021 dengan sasaran per hari 600 sampai 700 guru. Kemarin sebanyak 654 guru sudah divaksin. Target hari ini, 700 guru yang akan divaksin,” katanya. Vaksinasi corona tahap II menyasar sejumlah kelompok masyarakat, mulai dari pedagang, lansia, pelayan publik, aparat TNI-Polri, hingga para guru. Hingga saat ini cakupan vaksinasi dosis pertama di Indonesia sudah mencapai 21,33% dari target 40 juta sasaran di tahap satu dan dua.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan prioritas vaksin virus corona akan diberikan kepada guru jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar . Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pelaksanaan PTM terbatas di sekolah yang dijadwalkan pada Juli 2021 harus didahului penyuntikan vaksin terhadap seluruh guru dan tenaga pendidik. Dalam program vaksinasi COVID-19 nasional, pemerintah menargetkan 181,5 juta sasaran vaksin. Selanjutnya, Danang Hidayatullah, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia mengapresiasi langkah pemerintah yang mengusahakan vaksinasi sebagai alternatif solusi untuk memastikan tenaga pendidik lebih terlindung dari wabah penyakit.

Jam