Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros, Yuk Hemat!

Intinya, pastikan jumlah pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan. Sebaliknya, jika lebih kecil, itu berarti Anda memiliki kesempatan untuk menabung. Apakah jumlah tersebut cukup atau cenderung pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Tidak sedikit karyawan yang mengeluhkan masalah keuangan pribadi mereka. Sementara itu, ada begitu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Setelah membelanjakan dan menggunakan uangmu untuk berbagai kebutuhan, jangan lupa untuk selalu melakukan report dan evaluasi setiap akhir bulan.

Menurut riset yang ditemukan Raditya Dika, hampir eighty% pertengkaran rumah tangga terjadi karena komunikasi mengenai keuangan yang tidak baik. Jadi penting sekali untuk terbuka dan memiliki perspektif yang sama pasangan mengenai keuangan. Stress sedikit belanja, stress sedikit makan, ini gak baik untuk alur keuangan. Bagi Raditya Dika, dengan melakukan donasi akan memberikan kebahagiaan yang berbeda sehingga ia berpesan kalau punya uang berlebih maka usahakan untuk melakukan donasi ke orang yang membutuhkan. Pelajari instrumen investasi dan hubungannya dengan tujuan finansial.

Usaha yang mengunakan by way of transfer untuk bertransaksi biasanya akan memiliki rekam jejak keuangan yang terinci. Baiknya jika memang ingin berbelanja, catat apa saja barang yang ingin dibeli dan komitmen untuk tidak membeli produk di luar record yang sudah dibuat. Dengan begini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang di luar budget yang sudah disediakan dan tidak menumpuk barang yang tidak dibutuhkan. Di masa-masa ini, ada baiknya bila kamu menahan diri saat akan membeli hal-hal yang kurang diperlukan. Hal ini karena kita tidak tahu kapan pastinya pandemi ini akan berakhir dan kita perlu mengantisipasi kondisi darurat yang berpotensi terjadi di masa mendatang. Oleh sebab itu, kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak termasuk dalam prioritas utama kamu.

Satu hal yang harus kamu ketahui, kondisi keuangan tiap orang berbeda-beda, jadi kamu harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Rajin-rajinlah membaca tips-ideas keuangan, lalu terapkan yang kamu rasa paling sesuai denganmu. Mengatur keuangan adalah perjalanan panjang dan melelahkan serta sarat akan godaan. Jika kamu tidak kuat iman, kamu mungkin akan menyerah di tengah jalan. Kamu bisa belajar dari buku, video di YouTube, atau pengalaman orang lain yang sudah pernah melakukannya.

Tips mengatur keuangan

Salah satu solusi mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi kasir super dari GoBiz. Keunggulan dari penggunaan aplikasi ini untuk manajemen keuangan usaha Anda di antaranya adalah memonitor perkembangan omzet dengan mudah. Terakhir, dalam mengatur manajemen keuangan usaha kecil dan menengah pastikan Anda untuk selalu mengawasi arus kas keuangan.

Terlebih tahun ini pemerintah resmi melarang perjalanan mudik, sehingga THR tahun ini bisa jadi momentum yang pas untuk berinvestasi. Beberapa jenis investasi bisa menjadi pilihan di seperti logam mulia emas, yang dianggap sebagai instrumen secure heaven. Terakhir, jika kebutuhan di atas tidak ada masalah ,maka uang THR bisa digunakan untuk membeli asuransi mobil. Namun, bila utang tersebut adalah kredit mobil, lakukan peninjauan terhadap sisa tenor dan biaya penalti. Peneliti Lifepal Aulia Akbar menjelaskan ada enam hal yang harus dilakukan sebelum memanfaatkan uang THR untuk merawat mobil. Pertama, manfaatkan uang THR untuk mengamankan kondisi keuangan.

Jam