Berita Vaksinasi Lansia Hari Ini

Selain menyetujui indikasi untuk kelompok Lansia, Badan POM juga memberikan persetujuan untuk alternatif durasi pemberian pada zero dan 28 hari untuk populasi dewasa yang menjadi alternatif penggunaan pada kondisi rutin . Meskipun durasi pemberian 0 dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan regimen yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian 0 dan 14 hari. Hal ini setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac bagi penduduk di atas 60 tahun. “Peserta harus menggunakan masker saat menunggu hingga proses vaksinasi selesai dilakukan.

Menkes juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mengajak anggota keluarganya yang berusia lanjut untuk mengikuti program vaksinasi. Kementerian Kesehatan mengungkapkan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia baru mencapai eight,2 persen. Menurutnya, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Selain itu program vaksinasi drive via ini gratis dan tidak dipungut biaya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Vaksinasi bagi Lansia

Ada dua tipe vaksin untuk lansia guna mencegahpneumonia, yaitu pneumokokal konjugat 13-valent (PVC-13), dan pneumokokal polisakarida . Oleh karena itu, vaksin pneumonia sangat direkomendasikan untuk diberikan pada lansia. Bila sudah terserang penyakit, pasien lansia rentan mengalami berbagai komplikasi dan perlu perawatan lebih intensif.

Pemerintah siapkan aturan agar lansia bisa divaksinasi di faskes dekat rumah. Vaksin Nusantara masih dalam tahap evaluasi yang dilakukan oleh tim Direktur Registrasi BPOM. Belajar dari India, Indonesia kini menerapkan lockdown skala mikro yang disebut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro. Vaksinasi kepada lansia harus dipercepat karena separuh dari kejadian fatal akibat Covid-19 terjadi pada lansia.

Setelah itu lansia akan menerima SMS notifikasi dan penjadwalan vaksinasi beserta lokasi Fasilitas Kesehatannya. [Phil Noble/Pool/AFP]Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI untuk program vaksinasi, Siti Nadia Tarmizi mengatakan Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca. Bagi Anda warga Bandung, bisa mendaftar melalui link Bandung.kemkes.go.id.

Dosis pertama untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerjasama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru. Dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal. BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac bagi penduduk di atas 60 tahun. Mendaftar online Peserta dapat mengunjungi situs resmi Kemenkes , sehatnegeriku.kemkes.go.id, atau situs resmi Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional covid19.go.id. Di dalamnya terdapat daftar tautan yang dapat dipilih sesuai lokasi tinggal.

Dengan adanya link yang baru ini, kata Nadia link lama sudah tidak dapat dilakukan lagi. Bagi peserta lansia yang sudah mengisi di link lama tersebut, maka tidak perlu khawatir karena knowledge akan tersimpan aman di Dinas Kesehatan Provinsi peserta tinggal. Program vaksinasi untuk lansia di 11 Kabupaten/Kota sudah mencapai di atas 50%. Jakarta Pusat termasuk wilayah dengan capaian vaksinasi yang tertinggi (eighty two,ninety five%), diikuti Kabupaten Badung (seventy eight,21%), Jakarta Selatan (76,43%), dan Kota Surabaya (sixty nine,86%). Oleh karena itu untuk mendukung percepatan target vaksinasi lansia, Komunitas Indonesia Lawan Libas Covid-19 menginisiasi lahirnya Program Home Care & Home Delivery . Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi.

Jam